div style="padding:5px 20px; border:2px solid blue; font-size:21px; font-family:Cataneo BT;font-weight:bolder;">

Rabu, 16 Juli 2014

15 Film Rekomendasi pada Festival Film 2014


Pagelaran film terbaik untuk tahun 2014 ini berakhir sudah pada awal tahun. Tahun masih awal-awalnya, mengapa pagelaran film terbaik 2014 justru sudah berakhir? Itu karena, seperti biasanya, pagelaran film terbaik di awal tahun tersebut menampilkan film-film tahun sebelumnya. Jika pagelaran film terbaik dilaksanakan pada tahun 2014. Itu berarti nominasi film terbaik yang ditampilkan adalah film-film yang tayang perdana di bioskop pada tahun 2013. Tulisan berikut berusaha mengumpulkan 15 film terbaik pada pagelaran film tahun 2014. Adapun 15 film tersebut adalah gabungan antara nominasi film terbaik pada ajang Oscar Award dan Golden Globe Award. Kemudian, 15 film tersebut di urut dari belakang hingga ke film terbaik 2014 berdasarkan subyektivitas pribadi penulis.
Film Peringkat 15 hingga 11
Martin Scorsee merilis film terbarunya yang berjudul The Wolf of Wall Street. Film adaptasi dari novel Biografi yang menceritakan kehidupan Jordan Belford seorang pialang saham.  Berangkat dari kesuksesannya dalam film The Daparted dan Shutter Island, ia menggandeng kembali actor andalannya, Leonardo diCaprio. Vulgar dan minim makna membuat film ini berada di urutan 15.  Selanjutnya ada film drama musikal yang berjudul Inside Llewyn Davis di urutan 14. Her yang mengisahkan tentang kisah cinta manusia dengan aplikasi computer di urutan 13. Solusi bagi anda yang jomblo. Hehehe. Philomena yang diangkat dari novel biografi tentang pencarian seorang ibu terhadap anaknya yang diadopsi sedari kecil berada di urutan 12. Dan Saving Mr. Banks tentang rumitnya Walt Disney mengadaptasi novel menjadi sebuah film bermutu berada pada urutan 11.
Film Peringkat 10 hingga 6
Lanjut ke urutan 10, dihuni oleh film Nebraska yang berkisah tentang seorang anak yang berusaha menyadarkan orangtuanya yang sudah lansia. Film ini menceritakan tentang konyolnya undian-undian berhadiah. Di Amerika yang katanya Negeri yang paling maju sekalipun, undian berhadiah melalui selebaran masih marak terjadi. Film ini dibungkus dengan komedi-komedi ala lansia, tentunya. Di urutan ke 9, bercokol Blue Jasmine. Film yang disutradari dan skenarionya ditulis langsung oleh Woody Allen; pakar film drama romantis. Di urutan 8, ada Film Gravity yang dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney. Tentang kecelakaan pesawat yang dialami astronot di langit yang nirgravitasi sana. Di urutan ke 7, ditempati American Hustle yang dibintangi oleh bintang-bintang seperti Christian Bale, Amy Adams, Bradley Cooper, Jeremy Renner dan Jennifer Lawrence. Sementara di urutan ke 6, adalah film Lone Survivor yang mempertontonkan kepada kita tentang aksi tembak-tembakan militer Amerika dengan Taliban. Plus untuk film ini adalah penyelamatan yang dilakukan oleh warga lokal Afganistan yang anti Taliban kepada salah satu militer Amerika yang berhasil selamat. Dimana militer tersebut diperankan secara emosional oleh Mark Wahlberg.
5. Dallas Buyers Club
Pemenang aktor terbaik dan aktor pendukung terbaik Oscar 2014 jatuh pada pemeran film Dallas Buyers Club ini. Diperankan oleh Mathew McCohoney dan Jared Leto vokalis band rock terkemuka 30 second to Mars yang berperan sebagai waria pengidap AIDS. Film ini bercerita tentang seseorang yang mengidap penyakit AIDS dan divonis oleh dokter hidupnya tak lebih dari 30 hari lagi. Kecewa dengan vonis dokter, pengidap tersebut mencari sendiri obat untuk penyakit AIDS yang ternyata membuatnya hidup justru lebih dari hitungan hari, bulan, bahkan tahunan. Tidak berhenti sampai disitu, penyakit tersebut memperdagangkan obat tersebut kepada penderita penyakit AIDS lainnya.
4. Frozen
Inilah film animasi terbaik tahun 2014. Bercerita tentang kebekuan hati manusia. Yang mana hanya cinta sejatilah yang dapat mencairkan hati yang beku tersebut. Film yang menarik, inspiratif, lucu dan memanjakan telinga karena di film inilah lagu Let It Go yang terkenal itu bermula dan menjadi Original Soundtrack.
3. Rush
Sebuah film biografi-olahraga yang mengangkat duel seru pembalap F1 tahun 80an. Kedisiplinan, kecepatan balap dan rivalitas mewarnai film ini.
2. Captain Philips
Siapa yang meragukan kemampuan acting dari Tom Hanks? Ia adalah garansi film bermutu. Dalam film ini ia berperan sebagai Captain Philips yang kapalnya dan juga dirinya disandera oleh perompak Somalia.
Film Terbaik 2014; 12 Years a Slave
Penulis sepakat dengan pilihan pengamat-pengamat film yang turut memenangkan film 12 Years a Slave dalam pagelaran film terbaik 2014. Betapa tidak, film ini menjadi film terbaik Oscar maupun Golden Globe. Hemat penulis, nominasi film terbaik 2014 ini adalah tahunnya film biografi. Yang mana pemenangnya juga merupakan film biografi. Jika ingin kemanusiaan anda terpanggil, tontonlah film 12 Years a Slave ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar